Buka jam 08.00 s/d jam 16.00 , Sabtu- Minggu , Hari libur Please Call 0813-9118-8698
Beranda » Undangan Pernikahan » Finishing Kartu Undangan

Finishing Kartu Undangan

Diposting pada 24 July 2017 oleh admin

Finishing Kartu Undangan, Menariknya Proses Finishing pada Kartu Undangan

Oleh: Susana Febryanty/Team Cleon

            Setiap pasangan yang akan menikah pastinya ingin memiliki undangan pernikahan yang beda dari biasanya. Untuk mendapatkan hal itu proses finishing pada undangan nikah pun dilakukan. Ada berbagai macam proses finishing yang biasa dilakukan pada wedding card. Apa saja itu? Lalu, apa keunggulan dari berbagai proses tersebut?

Salam sejahtera…! Setelah rehat, kita kumpul lagi dalam blog kesayangan Bro dan Sist yang ingin mewujudkan pernikahan impian yaitu: https://weddingcardcleon.com/blog/. Dalam dua artikel sebelumnya kita telah bicarakan tentang teknik cetak undangan. Nah, sekarang kita akan beralih pada tahapan finishing pada undangan nikah. Yuk, disimak bersama…!

Finishing Kartu Undangan

Proses Finishing

Finishing ialah tahapan penyelesaian paling akhir dari proses pencetakan sebuah kartu undangan. Proses finishing kartu undangan ini perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil cetakan yang menarik serta tahan lama. Ada berbagai macam teknik finishing yang dapat diaplikasikan pada undangan. Setiap teknik finishing pastinya memiliki perbedaan dan keunggulannya masing-masing. Bro dan Sist dapat menggunakan satu atau lebih teknik finishing pada undangan pernikahan kalian. Beberapa teknik finishing tersebut antara lain:

  • Hot Print

Jika ditengok dari asal katanya Hot dan Print, maka hot print mengindikasikan mengenai teknik cetak dengan menggunakan tingkatan suhu dan panas tertentu. Beberapa orang menyebut proses hot print ini sebagai poli. Sementara itu, masyarakat awam lebih mengenal teknik finishing kartu undangan ini dengan tinta emas.

Pada dasarnya hot print adalah sebuah teknik finishing untuk membuat suatu teks atau pola tertentu terlihat menonjol dengan memberikan kesan kilap pada bagian tertentu.Untuk melakukan teknik finishing hot print ini pihak percetakan  undangan akan menyiapkan atau membuat plat besi dengan bentuk sesuai dengan desain undangan yang diminta. Fungsi dari plat besi ini adalah  digunakan sebagai alat cetaknya.

Setelah memiliki  plat besi, kemudian alat tersebut dipanaskan pada suhu tertentu lalu dibubuhkan  foil  atau bahan pembuat warna. Foil yang digunakan  berwarna emas/perak atau warna warna lain yang mengandung unsur metalik. Kemudian  alat cetak panas yang mengandung foil dicetak langsung ke atas kertas undangan. Alhasil warna pada media tersebut akan tertempel pada kertas undangan tersebut.

Meski teknik hot print ini lebih dikenal sebagai tinta emas, namun sebenarnya ada banyak warna yang dapat Bro/Sist gunakan dalam tekni ini. Macam-macam warna foil dalam hot print antara lain:

  • Emas

Warna ini umum digunakan dalam proses finishing cetak undangan.  Emas adalah warna yang netral dan cocok dikombinasikan dengan berbagai macam warna lain. Biasanya orang yang pesan undangan akan menggunakan teknik hot print warna emas ini pada nama atau inisial kedua calon pengantin.

  • Perak

Warna ini menjadi pilihan kedua yang difavoritkan oleh para pemesan undangan. Perak juga merupakan warna yang netral. Namun utuk hasil yang lebih maksimal, warna perak ini sebaiknya digunakan pada warna yang tak terlalu terang atau terlalu muda. Warna perak ini akan lebih sesuai jika  dipadukan dengan undangan yang berwarna lebih gelap.

  • Biru Metalik

Warna ini sepertinya kurang diminati dalam teknik hot print. Hal ini dikarenakan tampilan warna ini terkesan gelap. Meski demikian, warna biru ini tak kalah indahnya. Karena hot print berwarna biru memberikan kesan berkilau yang sama dengan foil berwarna emas maupun perak.

  • Hitam

Warna hitam ini sebenarnya juga memberikan kesan berkilauan layaknya warna emas, perak, dan biru. Hanya saja tingkat kilauannya sedikit lebih redup jika dibandingkan dengan beberapa warna foil yang lainnya.

Bagaimana Bro/Sist, menarik bukan pembahasan kita ini? Adakah Bro yang berminat untuk buat undangan dan melakukan teknik hot print? Jika kalian tertarik bikin undangan dengan finishing kartu undangan hot print maka segeralah mencari jasa undangan yang menyediakan fasilitas tersebut.

Belum ketemu percetakan yang sesuai dengan keinginan? Tenang saja. Bagi Bro dan Sist yang masih bingung mencari produsen undangan yang menyediakan jasa hot print, sebaiknya datang saja ke Cleon Offset. Mengapa harus ke Cleon Offset sih? Tentu saja, karena sudah banyak calon pengantin yang menemukan solusi seputar undangan pernikahan di Cleon Offset. Cleon Offset itu percetakan undangan dan pembuat undangan yang terpercaya di kota Yogyakarta.

Bro dan Sist yang masih bimbang atau ingin melihat contoh-contoh undangan yang telah dihasilkan oleh Cleon Offset, silakan cek website-nya di: https://weddingcardcleon.com.  Bro dan Sist dapat juga menghubungi langsung Cleon Offset,  baik  dengan call, WA mapun SMS via HP dengan nomor; Telkomsel: 081391188698 (24 jam),   081391192286, serta pada nomor M3: 085742084400, dan XL: 087738052899 pada pukul 08:00-16:00, atau bisa juga melalui Pin BB: 53571DIE, serta lewat berkirim email: percetakancleonoffset@gmail.com. Di Cleon Offset segala kebingungan Bro dan Sist pasti akan segera terpecahkan.

Pembahasan kita ini belum tuntas lho, Bro/Sist. Tapi kita harus rehat dulu sebentar ya. Akan kita lanjutkan perbincangan seputar proses pembuatan undangan pada artikel berjudul, “Menjaga Kualitas Undangan Pernikahan dengan Laminasi”. Terus ikuti pembahasannya…! 5 vote 100

Bagikan informasi tentang Finishing Kartu Undangan kepada teman atau kerabat Anda.

Finishing Kartu Undangan | Wedding Card Cleon

Komentar dinonaktifkan: Finishing Kartu Undangan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan